Jumat, 27 Maret 2015

TIPS MENJAGA REPUTASI ANDA DI SOSIAL MEDIA

1. Jangan Pernah Menuliskan kata-kata Hinaan
Sudah barang tentu bahwa sebuah kata-kata hinaan terhadap orang, instasi, kelompok maupun institusi bukanlah tindakan yang dibenarkan.
Namun dengan menghina sahabat anda bukanlah tindakan baik. Bolehlah menulis status keluh kesah, namun hindari kata-kata hinaan maupun yang bersifat intimidasi. Lebih baik Anda menulis 100 kali status galau atau alay ketimbang 1 kali menulis kata-kata hinaan.

2. Kata-kata Kasar dan Kotor Juga Dilarang
Anda mungkin tidak menghina seseorang maupun kelompok, namun jika Anda mensisipkan kata-kata kasar maupun jorok pada postingan status tentu itu sama saja. Sekalipun Anda tidak melibatkan seseorang dalam status tersebut, kenyataannya kata-kata kasar membuat orang berpikir bahwa Anda adalah orang yang kurang sopan.
Lebih baik Anda mempergunakan bahasa yang tepat saat berinteraksi dengan rekan. Ingat, bahwa tidak semua orang menyukai bahasa gaul maupun bahasa yang terlalu sopan, jadi yang sedang-sedang saja namun tetap terlihat berwibawa.

3. Status Berbau SARA Rentan Menimbulkan Konflik
Kami cukup miris dengan remaja-remaja saat ini yang sering melakukan penghinaan terhadap kelompok agama dan suku lain. Perlu diingat bahwa kalimat yang dianggap mengandung SARA pastinya akan menyinggung serta menimbulkan salah persepsi bagi orang yang membacanya. Bisa-bisa Anda akan dituduh sebagai seorang provokator. Padahal sahabat anda  bisa berasal dari berbagai latar belakang suku dan agama.

4. Seleksi Foto Yang Hendak di Upload
Kalau sekedar foto saat Anda berwisata maupun foto barang-barang koleksi Anda tentu tidak masalah. Namun jika Anda mengunggah foto yang berbau pornografi maupun kekerasan pastinya sangat menjadi pantangan. Tidak ada untungnya Anda mengunggah foto-foto yang tidak jelas. Hanya akan membuat reputasi Anda jatuh sebagai seorang pebisnis.

5. Jangan Menyebar Berita Bohong
Bahkan tokoh-tokoh terkenal beberapa kali sempat terjebak dengan tulisannya sendiri di sosial media karena ternyata informasi yang ditulisnya adalah ‘Hoax’ atau bohong. Pastikan jika ingin membagikan sesuatu Anda harus melihat sumber informasi serta kebenarannya. Jika ketahuan berbohong, dipastikan reputasi Anda akan turun dan di cap sebagai pembohong. Jika sudah demikian apakah ada orang yang mau berkenalan dengan Anda atau menjadi sahabat Anda?

6. Tulislah Data Diri Dengan Tepat
Mengenai data diri sebaiknya ditulis dengan tepat namun tidak perlu terlalu lengkap. Atau jika tidak ingin identitas Anda dicuri sebaiknya tulis data diri yang masih tepat dengan sedikit tambahan. Yang mana nama tambahan ini akan lebih memungkinkan orang lain lebih mudah mengenali anda secara umum.

7. Selalu Menuliskan Kata-kata Positif
Ini bisa berupa nasehat, motivasi, dan apapun yang konotasinya positif. Alhasil reputasi Anda tetap terjaga baik, orang akan semakin memandang Anda sebagai orang bijak dan sahabat yang baik.



                                                                                                                          source : tulisbaca.com

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK

DAFTAR ARTIKEL SDTB