Minggu, 08 November 2015

REALITA PACARAN DI DUNIA MAYA

Pacaran di dunia maya…? Hmm.. gimana tuh..?? Apa kita bisa percaya sama orang yang kita kenal melalui dunia maya? Apa kita percaya sama omongan-omongan dia yang keluar dari jari-jarinya.

Banyak cara untuk mencari pasangan melalui dunia maya. Di era teknologi yang serba canggih sekarang ini, YM, MySpace, Friendster, dll. sudah menjadi salah satu ajang untuk mencari pasangan, baik untuk tujuan serius maupun iseng belaka. Hanya bermodalkan komputer dan akses internet, kita sudah bisa berkenalan bahkan pacaran. Cerita cinta romantis seperti di film 'You've Got Mail' mungkin saja terjadi.

Tapi, asyik atau enggak ya punya 'kekasih dunia maya…'?? mari..kita coba lihat realita ini.
Memiliki 'kekasih dunia maya'kedengarannya memang seru.Lewat Friendster misalnya, kita bisa mencari orang-orang yang punya hobby atau ketertarikan yang sama dengan kita. Jadi ngobrolnya bisa nyambung. Akhirnya, 'keterbatasan' kita di dunia nyata bisa terlupakan sejenak kalau sudah terjun ke dunia maya. Contoh, karena tidak pernah bertemu secara langsung dengan orangnya, sifat kita yang pemalu dan canggung terhadap orang baru bisa di atasi. Atau masalah tidak percaya diri kita bisa hilang karena si 'kekasih dunia maya' tidak bisa melihat fisik dan rupa kita. Dengan berhubungan lewat dunia maya, kita juga bisa berkenalan dengan orang yang mungkin tidak akan pernah kita temui di kehidupan nyata, karena keterbatasan jarak, kita tidak bisa bertemu dengan sang 'kekasih' yang tinggal di luar negeri misalnya.

Tapi kalau dilihat lebih jauh, pacaran secara 'maya' (e-love atau cyber-romance) punya banyak titik kelemahan. Yang paling utama, pacaran di dunia maya tuh rawan banget di bumbui kebohongan. Belum tentu sang ‘kekasih’ yang mengaku statusnya single memang benar-benar single, dan segudang kebohongan-kebohongan lain, karena kita sendiri juga bisa dengan mudahnya memanipulasi data-data diri kita. Jadi bukan jaminan kalau lawan bicara kita bersikap 100% jujur. So yang lebih parah lagi, jika ternyata lawan bicara kita ternyata orang yang memang mempunyai niat tidak baik, misalnya seorang pervert atau psikopat..hayooo…???

Karena hubungan hanya terbatas pada email maupun chat, kita juga tidak bisa mengenal 'kekasih dunia maya' kita secara mendalam. Kita seolah-olah berpacaran dengan rangkaian kata-kata saja, padahal karakter seseorang tidak hanya dilihat lewat perkataannya (tulisannya), tapi juga lewat sikap atau sifat-sifatnya. Jika pada akhirnya, timbul imajinasi dan terlanjur membuat image sempurna dari 'kekasih dunia maya' kita, pada tahap ini artinya hubungan kita sudah tidak sehat. Karena kita jatuh cinta pada sebuah “fantasi”…tul gak..??

Buat sebagian orang, cyber-romance merupakan hiburan selingan saja. “True love implies a lot more than typing sweet letters to someone”, kata Joe Schwartz, pengarang buku The Complete Idiot’s Guide to Online Dating and Relating. Menurut beliau, lewat internet, kita bisa membuat statement semau kita, tanpa harus memakai perasaan. Yang diperlukan hanyalah jari-jari untuk mengetik kata-kata manis.

Jadi, kita memang tidak bisa berharap terlalu banyak pada 'kekasih dunia maya'...!! walaupun banyak juga yg akhirnya bener-bener menemukan soulmatenya di dunia maya….
So for now…semua berpulang pada diri kita sendiri….kehati-hatian dalam mengambil keputusan adalah teramat penting…dan langkah yg paling bijak…temukan kekasihmu dalam dunia nyatamu…

Sangat perlu dimbangi sikap bijak dalam menjalani pacaran di dunia maya (misalnya dengan cara ketemuan, berkunjung dll), karena salah-salah anda akan salah jalan dan bukan kebahagiaan yang anda dapatkan, namun sebuah kekecewaan. Saran saya agar pacaran dunia maya itu di imbangi dengan dunia nyata. Awal perkenalan boleh di dunia maya dan itu sah-sah aja seiring dengan perkembangan dunia informasi sekarang ini, namun perlu semua yang anda temukan di dunia maya harus ada pastikan kembali didunia nyata sebagai wujud dari keseriusan anda di dunia maya tersebut. Akhir kata saya menyimpulkan, dunia maya adalah sebagai awal dari hubungan anda akan tetapi dunia nyata adalah sebagai bukti dari segalanya tentang hubungan anda.



                                                                                           Sumber : http://kalingga245.blogspot.co.id

2 komentar:

  1. Pacaran jaman sekarangtuh parah ya. Bikin greget banget kadang. Anak sd aja manggilnya mama papa. Mantab banget dah

    BalasHapus

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BIJAK

DAFTAR ARTIKEL SDTB